Logo Bloomberg Technoz

Kisruh Laut Merah Ancam Pasokan & Harga Pangan Dunia

News
19 January 2024 12:00

Laut Merah (Dok: Bloomberg)
Laut Merah (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Situasi panas di Laut Merah mengancam pasokan pangan dunia, terutama bagi hasil bumi seperti kopi, buah-buahan, dan biji-bijian. Kapal-kapal yang membawa makanan berusaha menghindari serangan Houthi dengan menggunakan rute alternatif mengelilingi Afrika, yang lebih lama dan mahal.

Namun, waktu pengiriman yang lebih lama dapat membuat makanan mudah rusak dan tidak dapat dijual. Gangguan ini menunjukkan kerapuhan rantai pasokan pangan, dan jika tidak diatasi, dapat menghambat penurunan harga komoditas pangan.

Gangguan Laut Merah memengaruhi perdagangan Eropa-Asia. (Dok: Bloomberg)

Gangguan di Laut Merah juga berdampak pada perdagangan antara Eropa dan Asia. Eksportir buah India ke Eropa harus menggunakan rute yang lebih panjang, meningkatkan biaya pengangkutan dan waktu transit. Hal ini mengakibatkan penurunan kualitas buah India dan harga anggur yang lebih mahal bagi konsumen Eropa.

Selain itu, eksportir Italia khawatir bahwa perjalanan keliling Afrika akan merusak kesegaran dan meningkatkan biaya buah-buahan seperti apel, kiwi, dan jeruk. Keadaan ini juga memengaruhi para petani yang harus memangkas harga untuk menutupi biaya pengiriman yang lebih tinggi.