Logo Bloomberg Technoz

Rudal Rusia Hantam Apartemen di Ukraina, Ratusan Warga Dievakuasi

News
17 January 2024 19:40

Kehancuran akibat serangan militer Rusia ke Ukraina (Sumber: Bloomberg)
Kehancuran akibat serangan militer Rusia ke Ukraina (Sumber: Bloomberg)

Kateryna Chursina - Bloomberg News

Bloomberg, Ukraina mengatakan Rusia menyerang kota Kharkiv di timur laut dengan dua rudal S-300 pada Selasa malam. Odesa menjadi sasaran serangan pesawat tak berawak setelah tengah malam.

Rusia meningkatkan serangan udara ke kota-kota di Ukraina pada akhir Desember bertepatan dengan datangnya cuaca dingin. Mereka mengarahkan rudal dan pesawat tak berawak ke infrastruktur sipil, termasuk sektor energi.

Gubernur regional Oleh Syniehubov via Telegram mengatakan serangan rudal di sebuah distrik perumahan di bagian tengah Kharkiv telah merusak bagian depan sekitar 20 gedung apartemen, lokasi pusat medis, dan menghancurkan 14 mobil pribadi. Serangan tersebut mengakibatkan 17 warga sipil luka-luka. Rudal dikatakan ditembakkan dari arah Belgorod dekat perbatasan Ukraina.

Kiper menambahkan, tiga orang mengalami luka-luka di Odesa dan 130 orang dievakuasi setelah sebuah bangunan tempat tinggal rusak akibat serangan tersebut. Angkatan Udara Ukraina mengatakan via Telegram bahwa Odesa dan daerah-daerah di selatan diserang oleh 20 pesawat tak berawak Shahed, 19 di antaranya berhasil dicegat.