Logo Bloomberg Technoz

AS Halangi Produsen Mesin Cip Belanda ASML untuk Ekspor ke China

News
02 January 2024 06:15

Pabrik ASML./dok. Bloomberg
Pabrik ASML./dok. Bloomberg

Cagan Koc dan Jennifer Jacobs - Bloomberg News

Bloomberg, ASML Holding NV membatalkan pengiriman beberapa mesinnya ke China atas permintaan pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, beberapa pekan sebelum larangan ekspor peralatan pembuat cip kelas atas mulai berlaku, kata orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Pabrikan asal Belanda ini memiliki izin untuk mengirimkan tiga mesin litografi ultraviolet dalam yang terbaik ke perusahaan-perusahaan China hingga Januari, ketika pembatasan baru di Belanda mulai berlaku sepenuhnya.

Namun, para pejabat AS menghubungi ASML untuk meminta mereka segera menghentikan pengiriman beberapa mesin yang telah dijadwalkan sebelumnya ke pelanggan China, menurut orang yang mengetahui masalah tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena diskusi tersebut bersifat rahasia.

Biden menindak upaya Beijing untuk menciptakan industri semikonduktor canggihnya sendiri, dan AS serta sekutunya memblokir akses terhadap teknologi impor. Huawei Technologies Co dari China memproduksi ponsel pintar untuk menyaingi iPhone milik Apple Inc tahun lalu dengan menggunakan cip terbaik yang dibuat dengan mesin litografi imersi ASML, demikian yang dilaporkan Bloomberg News.