Logo Bloomberg Technoz

Vaksin Gratis, Ahli Epidemiolog; Tingkatkan Proteksi pada Lansia

Redaksi
01 January 2024 14:45

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Dimas Ardian/Bloomberg
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Dimas Ardian/Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ahli epidemiolog Dicky Budiman mengatakan bahwa keputusan yang dilakukan pemerintah untuk memberikan vaksin Covid-19 gratis pada lansia merupakan saran yang sudah direkomendasikannya sejak awal. Dicky menyampaikan bahwa pemberian vaksinasi gratis pada usia rentan atau lansia bertujuan untuk memberikan proteksi lebih.

"Ini sangat bagus sekali dan ini juga sesuai dengan yang sudah sejak awal saya rekomendasikan, jadi pemberian vaksinasi gratis pada kelompok rentan ini akan memberikan proteksi dan daya ungkit dalam capaian cakupan vaksinasi itu sendiri," ucap Dicky, Senin (1/1/2024).

Dicky juga merekomendasikan untuk memberikan vaksinasi gratis pada anak dan menyarankan pemerintah untuk menggunakan vaksin dalam negeri yang sudah diperjuangkan, yaitu Indovac. Menurutnya, penggunaan vaksin dalam negeri dapat mengurangi indeks impor.

"Saya merekomendasikan untuk memprioritaskan penggunaan vaksin dalam negeri yang sudah kita perjuangkan, yaitu antara lain Indovac karena penggunaan vaksin dalam negeri ini juga akan memberi manfaat selain indeks kita mengurangi pembelian dari luar," ucap Dicky.

Dicky menyampaikan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan 5M. Penerapan 5M dapat mengurangi meningkatnya jumlah korban, antara lain seperti penggunaan masker. Meskipun terdeteksi tidak seperti masa pandemi, masyarakat tetap harus melindungi kelompok rawan, seperti anak-anak dan lansia.