Logo Bloomberg Technoz

Tarif Jasa di Jepang Kian Mahal, Sinyal Normalisasi Kebijakan BOJ

News
26 December 2023 10:20

Pohon sakura bermekaran di sepanjang Sungai Meguro di Tokyo, Jepang, Minggu (19/3/2023). (Kiyoshi Ota/Bloomberg)
Pohon sakura bermekaran di sepanjang Sungai Meguro di Tokyo, Jepang, Minggu (19/3/2023). (Kiyoshi Ota/Bloomberg)

Mia Glass - Bloomberg News

Bloomberg,  Producer Price Index (PPI) atau indeks harga produsen di Jepang tetap membandel di level tertinggi dalam tiga dekade terakhir. Hal ini kemungkinan akan memicu spekulasi bahwa Bank of Japan (BOJ) bakal melakukan normalisasi kebijakan dalam beberapa bulan mendatang.

Indeks harga produsen jasa di negara tersebut, yang merupakan tolok ukur biaya berbagai barang dan jasa yang disediakan oleh dunia usaha kepada perusahaan lain dan entitas pemerintah, naik 2,3% pada November dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kata BOJ pada Selasa (26/12/2023).

Ini adalah kenaikan 2,3% pada bulan kedua, tercepat sejak April 1992 termasuk periode ketika ada kenaikan pajak penjualan. Realisasi tersebut sedikit lebih lambat dari perkiraan konsensus yang memperkirakan kenaikan 2,4%.

Data menunjukkan bahwa hotel, iklan internet, dan transportasi jalan raya merupakan kontributor tertinggi terhadap perubahan tahunan. Khususnya sektor hotel yang naik 51,8% dibandingkan dengan tahun sebelumnya karena lonjakan pariwisata inbound dan permintaan perjalanan domestik pascapandemi.

Indeks harga produsen di Jepang./dok. Bloomberg