Logo Bloomberg Technoz

Tesla Akuisisi Lahan untuk Pabrik Baterai Megapack Shanghai

News
22 December 2023 14:00

Tesla (Dok: Bloomberg)
Tesla (Dok: Bloomberg)

Linda Lew - Bloomberg News

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tesla Inc telah mengakuisisi lahan untuk membangun pabrik Shanghai Megapack yang akan memiliki kapasitas produksi 10.000 kemasan baterai per tahun. Ini membuka jalan bagi pembangunan untuk dimulai, seperti disampaikan seorang perwakilan perusahaan.

Produsen kendaraan listrik asal Amerika SAerikat (AS), yang juga menjalankan proyek-proyek lain seperti penyimpanan energi dan komputer super, sebelumnya mengatakan bahwa pembangunan fasilitas tersebut dijadwalkan dimulai pada kuartal ketiga tahun ini. Sementara produksi akan dimulai pada kuartal kedua tahun 2024.

Sebagian besar megapack yang diproduksi akan ditujukan untuk ekspor. Lokasinya berada di Shanghai dan ini menjadi pabrik megapack khusus kedua Tesla, setelah pabrik Lathrop di California. Fasilitas EV Tesla di Nevada juga dapat membuat megapack. 

Bisnis pembangkit energi Tesla adalah aliran pendapatan yang berkembang pesat. Unit ini mencatat pendapatan sebesar US$1,6 miliar pada kuartal ketiga, naik 40%, didorong oleh penjualan megapack, baterai yang membantu menstabilkan jaringan listrik dan mencegah pemadaman listrik, menurut laporan perusahaan.