Logo Bloomberg Technoz

Kronologi Jam Tangan Pintar Apple yang Langgar Hak Paten

Redaksi
20 December 2023 06:40

Smartwatch Apple. (Dok: Bloomberg).
Smartwatch Apple. (Dok: Bloomberg).

Bloomberg, Apple Inc akan menghentikan penjualan dua seri produk jam pintar, Watch Series 9 dan Ultra 2 usai putusan sengketa paten mulai besok, Kamis (21/12/2023).

Ini bermula  putusan Komisi Perdagangan Internasional (International Trade Commission/ITC) pada bulan Oktober bahwa Apple terbukti melanggar hak paten milik Masimo Corp, pengembang teknologi di industri kesehatan.

Lebih rinci Masimo merupakan perusahaan yang memiliki teknologi sensor oksigen dalam darah jauh sebelum Apple menyematkan ke dalam produk jam mereka tahun 2020. Fitur dari Apple dan Masimo sama-sama berfungsi menghitung saturasi oksigen darah pengguna.

Putusan Komisi Perdagangan ini dilanjutkan dengan pelarangan penjualan perangkat Apple yang diduga jadi objek pelanggaran. Apple kemudian mengeluarkan kebijakan bahwa pelarangan produk jam pintar dijual paling lambat pada 25 Desember, sebagai upaya patuh pada putusan Komisi Perdagangan.

Masimo mengapresiasi putusan ITC dengan mengatakan Komisi percaya bahwa paten teknologi oksimetri denyut nadi perusahaan telah dicuri Apple. Masimo juga mendukung kabar ini dengan mengatakan bahwa perusahaan teknologi besar di dunia pun, seperti Apple, harus mematuhi putusan hukum.