Logo Bloomberg Technoz

Venezuela Obral Minyak ke Asia, ESDM Larang Pertamina Beli

Sultan Ibnu Affan
14 December 2023 10:40

Ilustrasi pengiriman minyak mentah. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi pengiriman minyak mentah. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pemerintah Indonesia yakin derasnya arus masuk minyak Venezuela ke Asia – melalui jalur perdagangan di Asia Tenggara – tidak akan mendistorsi pasar bahan bakar minyak (BBM) di Tanah Air, sebagaimana dikhawatirkan analis global.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji tidak menampik Venezuela saat ini memang sedang mencari celah pasar untuk ‘membuang’ pasok minyaknya, di tengah sanksi dari Amerika Serikat (AS).

Hal serupa juga pernah dan sedang dilakukan oleh Iran dan Rusia yang mendapatkan sanksi perdagangan minyak dari Barat.

Akan tetapi, dia memastikan minyak-minyak murah dari Venezuela tidak akan dilirik oleh Indonesia, dalam hal ini PT Pertamina (Persero), selaku importir migas resmi milik negara.

“Kita kan enggak bisa [beli minyak Venezuela]. Pertamina beli di situ enggak bisa. Pertamina kan impor, tetapi enggak bisa beli itu, itu ilegal,” tegasnya saat ditemui di kantornya, Rabu (13/12/2023) sore.

Pengemudi mengantri umengisi BBM di SPBU Petroleos de Venezuela SA (PDVSA) di Maracay, Venezuela, Minggu (11/6/2023). (Gaby Oraa/Bloomberg)