Logo Bloomberg Technoz

Pertanyaan Anies di Debat Jadi Pemicu Gibran Bangkit Tiba-tiba

Pramesti Regita Cindy
13 December 2023 14:55

Capres Prabowo Subianto & Capres Anies Baswedan saat debat di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Capres Prabowo Subianto & Capres Anies Baswedan saat debat di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Cawapres Gibran Rakabuming Raka yang tiba-tiba bangkit dari kursi pada saat Capres Prabowo Subianto menjawab pertanyaan di segmen pertanyaan dan tanggapan, menjadi sorotan.

Tingkah Gibran yang reaktif dan berulang kali mengangkat kedua tangannya bagai menyemangati sempat diintervensi oleh salah satu anggota tim suksesnya, dengan mencolek putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu. Gibran kemudian kembali ke tempat duduk.

Ternyata aksi tak biasa Gibran itu ada dalam segmen ketika Prabowo menjawab pertanyaan Anies Baswedan yang memang menanyakan soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang masih berkaitan dengan Gibran. Diketahui putusan MK yang mengabulkan judicial review itu membuat Gibran akhirnya memenuhi syarat maju di Pilpres. Walau MKMK memutus putusan itu sarat pelanggaran kode etik tapi tak membatalkan isi putusannya.

"Pada tanggal 25 Oktober pak Prabowo mendaftar ke KPU sebagai calon presiden setelah putusan MK dan kemudian di MK dibentuk MKMK yang hasilnya mengatakan terjadi pelanggaran etika berat yang menyebabkan keputusan yang dibuat oleh MK secara etika bermasalah. Kemudian bapak punya waktu sampai 13 November waktu terakhir bila ada perubahan," kata Anies di debat capres perdana di Jakarta, Selasa malam (12/12/2023).

"Sesudah bapak mendengar bahwa ternyata pencalonan persyaratannya bermasalah secara etika, pertanyaan saya apa perasaan bapak ketika mendengar ada pelanggaran etika di situ," lanjut dia.