Logo Bloomberg Technoz

Wamenkeu Desak Reformasi Struktural Demi Perbaiki Investasi

Redaksi
08 December 2023 08:00

Wamenkeu Suahasil Nazara dalam acara Omnibus Law Sektor Keuangan: Tantangan dan Antisipasi, Senin (20/2/2023). (Tangkapan layar Youtube DENTONS HPRP)
Wamenkeu Suahasil Nazara dalam acara Omnibus Law Sektor Keuangan: Tantangan dan Antisipasi, Senin (20/2/2023). (Tangkapan layar Youtube DENTONS HPRP)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mendesak pelaksanaan reformasi struktural serta hilirisasi sumber daya alam dan mineral pasca-pandemi Covid-19. Menurut dia, saat ini merupakan momentum yang tepat untuk menjalankan kedua hal tersebut.

“Saya pikir ini jalan yang harus ditempuh untuk negara seperti Indonesia saat ini. Saya yakin ini akan cukup menantang, tapi saya yakin itu jalan yang harus ditempuh demi kesejahteraan rakyat,” ujar Wamenkeu dalam seminar Annual International Forum on Economic Development and Public Policy (AIFED) ke-12 di Bali, dikutip Jumat (8/12/2023).

Salah satu bentuk reformasi struktural dimaksud adalah perbaikan iklim investasi. Menurut dia, pemerintah berkomitmen untuk berhati-hati dalam membuat berbagai langkah kebijakan agar iklim investasi di Indonesia membaik.

Menurut Wamenkeu, perbaikan tersebut meliputi supremasi hukum, infrastruktur, sumber daya manusia (SDM), dan sumber daya alam (SDA) Indonesia sebagai daya tarik investasi.

“Kita tahu bahwa sumber daya alam hanya akan berfungsi jika kualitas manusianya bagus, infrastrukturnya bagus, institusinya bagus, supremasi hukumnya, dan perbaikan pada tingkat tertentu harus dilakukan berdasarkan margin dari setiap kebijakan yang kita buat, sehingga dalam hal ini keterbukaan perdagangan,” ungkapnya.