Logo Bloomberg Technoz

Kampanye Hari ke-8, Jadwal Capres-Cawapres Kian Padat

Pramesti Regita Cindy
05 December 2023 08:40

Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres Pemilu 2024 di Gedung KPU, Selasa (14/11/2023) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres Pemilu 2024 di Gedung KPU, Selasa (14/11/2023) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hari ke-8 kampanye pemilu yakni Selasa (5/12/2023), para capres-cawapres melakukan kampanye di luar Jabodetabek. Capres paslon nomor urut 1 Anies Baswedan mengadakan kampanye di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Di sana, dia dijadwalkan bertemu dengan para warga pada pagi hingga siang harinya. Kemudian pada petang nanti mengadakan pertemuan dengan koalisi, relawan dan simpatisan di Gedung Sultan Suriansyah.

Sementara Cawapres Anies yakni Muhaimin Iskandar alias Cak Imin melakukan kampanye di Aceh. Anies-Muhaimin memang tampak melakukan aktivitas paling banyak untuk kampanye. Pasalnya di paslon lain masih ada yang berstatus menteri dan kepala daerah.

Paslon nomor urut 2 yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan masih melakukan tugas sebagai pejabat negara lantara kedua orang tersebut hanya kampanye pada saat cuti. Gibran sendiri pada Senin kemarin melakukan aktivitas pagi hingga malam di Jabodetabek yakni melakukan bagi-bagi susu kemasan, mengunjungi pondok pesantren hingga bermain bulutangkis pada malam harinya dengan juara bulutangkis dunia Taufik Hidayat.

TKN Prabowo-Gibran sebelumnya menyebutkan, lantaran aturan 1 hari sepekan jatah cuti kampanye bagi paslon yang masih menjadi pejabat maka sebisanya mereka memilih cuti pada hari Jumat mendekati akhir pekan kemudian Senin pada awal pekan. Sementara akhir pekan dan hari libur bebas kampanye tanpa harus cuti.

Sementara paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga sejak hari pertama kampanye sudah memulai dengan daerah paling barat dan timur Indonesia yakni Aceh dan Papua. Pada hari ini, Ganjar dijadwalkan akan kampanye di Balikpapan, Kalimantan Timur. Agendanya antara lain mengunjungi Pasar Baru, Klandasan Ilir, bertemu masyarakat di Warkop Miki, bertemu TKD di Swissbell Hotel dan mendatangi Rumah Pelatihan Kerja Disabilitas.