Logo Bloomberg Technoz

India Kerahkan Kapal Induk Senilai Rp73 T untuk Lawan China

News
29 November 2023 10:50

Bendera India. (Sumber: Bloomberg)
Bendera India. (Sumber: Bloomberg)

Sudhi Ranjan Sen - Bloomberg News

Bloomberg, India bersiap menambah kapal induk lain ke armadanya senilai hampir 400 miliar rupee atau setara Rp73,8 triliun sebagai upaya melawan kehadiran angkatan laut China di kawasan Samudera Hindia.

Menurut sumber yang tak ingin disebutkan namanya, Dewan Akuisisi Pertahanan (Defense Acquisition Council) — badan pengambil keputusan pertahanan tertinggi negara yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan, Rajnath Singh — diperkirakan akan menyetujui akuisisi kapal induk buatan dalam negeri kedua pada hari Jumat.

Kapal induk baru ini, yang dapat membawa setidaknya 28 pesawat tempur dan helikopter yang memiliki bobot muatan 45.000 ton, akan membawa pesawat jet Rafale buatan Prancis. Kapal induk buatan India pertama, INS Vikrant, diluncurkan tahun lalu dan dibangun oleh Cochin Shipyard Ltd. Negara ini juga memiliki kapal induk buatan Rusia.

Pesawat LCA Tejas dan Rafale Angkatan Udara India terbang di Danau Sukhna, di Chandigarh, India, Sabtu (8/10/2022). ( T. Narayan/Bloomberg)

Kelompok tempur yang terdiri dari tiga kapal induk akan menjadi unjuk kekuatan bagi angkatan laut India di Samudera Hindia ketika angkatan laut Tentara Pembebasan Rakyat China (People’s Liberation Army) — angkatan laut terbesar di dunia, dengan 370 kapal dan kapal selam — semakin meningkatkan kehadirannya di wilayah tersebut. Armada yang diperbesar juga memberikan India kemampuan untuk memberikan pengaruh di lautan.