Logo Bloomberg Technoz

Malaysia Bebaskan Visa untuk Turis China dan India

News
27 November 2023 08:40

Ilustrasi Malaysia (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Malaysia (Sumber: Bloomberg)

Anisah Shukry dan Kok Leong Chan - Bloomberg News

Bloomberg, Malaysia akan menghapuskan persyaratan visa masuk bagi turis warga negara China dan India yang mengunjungi negara itu mulai 1 Desember. Hal ini diumumkan oleh Perdana Menteri Anwar Ibrahim.

Anwar dalam pidatonya di kongres tahunan People's Justice Party di Putrajaya pada Minggu (26/11/2023) mengatakan warga negara China dan India dapat tinggal hingga 30 hari tanpa visa.

Malaysia mengandalkan peningkatan kedatangan wisatawan - dan pengeluaran mereka - untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Anwar bulan lalu mengumumkan rencana untuk meningkatkan fasilitas visa tahun depan untuk mendorong masuknya wisatawan dan investor, terutama dari India dan China.

China pada hari Jumat mengatakan akan mengizinkan warga negara dari enam negara termasuk Malaysia untuk memasuki negara itu tanpa visa.

Langkah ini mulai berlaku pada 1 Desember dan akan berlangsung hingga 30 November tahun depan, dan akan memungkinkan wisatawan rekreasi, bisnis, dan keluarga dari negara-negara tersebut untuk tinggal di China hingga 15 hari tanpa visa.