Logo Bloomberg Technoz

Korut Klaim Satelitnya Sukses Ambil Foto Gedung Putih, Pentagon

News
28 November 2023 09:50

Ilustrasi Bendera Korea Utara (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Bendera Korea Utara (Sumber: Bloomberg)

Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, Korea Utara (Korut) mengklaim satelit mata-mata pertamanya, yang diluncurkan ke orbit bulan ini, telah berhasil mengambil foto Gedung Putih, Pentagon, dan stasiun angkatan laut Amerika Serikat (AS) di sekitarnya.

Situs-situs terkemuka AS tersebut menambah daftar area yang diklaim Korut berhasil difoto menggunakan wahana pengintaian yang diluncurkan ke luar angkasa pekan lalu. Media resmi negara tersebut mengatakan Kim Jong Un telah melihat foto-foto terbaru bersama dengan foto-foto sebelumnya dari Roma, Pangkalan Angkatan Udara Anderson di Guam, Pangkalan Militer Peral Harbor, dan kapal induk Carl Vinson Angkatan Laut AS.

Korea Selatan (Korsel) berhasil menyelamatkan salah satu satelit mata-mata Korea Utara setelah peluncuran yang gagal awal tahun ini. Mereka menyimpulkan teknologi tersebut tidak memiliki nilai militer. Meskipun Korsel meyakini bahwa setiap satelit Korea Utara pada dasarnya belum sempurna, teknologi tersebut dapat membantu rezim Kim dalam melakukan penarkgetan, seiring dengan meningkatnya kemampuan Korut untuk melancarkan serangan nuklir.

Korea Utara mengatakan bahwa satelit tersebut akan secara resmi memulai misi pengintaian pada 1 Desember, setelah melakukan beberapa penyesuaian. Namun, Korean Central News Agency (KCNA) pada Selasa menyatakan, "proses penyesuaian satelit sedang dipercepat untuk diselesaikan satu atau dua hari lebih awal."