Logo Bloomberg Technoz

Masyarakat Negara Maju Perlu Kurangi Daging Demi Perbaikan Iklim

News
26 November 2023 14:00

Daging Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)
Daging Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Agnieszka de Sousa - Bloomberg News - 

Bloomberg, Negara-negara maju dan kaya raya di dunia akan diminta untuk membatasi nafsu makan mereka yang berlebihan terhadap daging sebagai bagian dari rencana komprehensif pertama untuk menyelaraskan industri pertanian pangan global dengan perjanjian iklim Paris.

Peta jalan sistem pangan global menuju 1,5C diperkirakan akan dipublikasikan oleh Organisasi Pangan & Pertanian PBB pada KTT COP28 pada bulan depan. Negara-negara yang mengonsumsi daging secara berlebihan akan disarankan untuk membatasi asupannya, sementara negara-negara berkembang, di mana pengurangan konsumsi daging bisa menambah tantangan baru dalam pemenuhan gizi, perlu meningkatkan peternakan mereka, menurut organisasi pangan dunia Food and Agriculture Organization (FAO).

Dari sektor peternakan hingga sektor pertanian, sistem pangan menyumbang sekitar sepertiga emisi gas rumah kaca global dan sebagian besar dari jejak tersebut terkait dengan peternakan – yang merupakan sumber utama gas metana, penggundulan hutan, dan hilangnya keanekaragaman hayati.

Meskipun tidak mengikat, rencana FAO diharapkan dapat memberikan informasi bagi kebijakan dan keputusan investasi serta memberikan dorongan pada transisi iklim industri makanan yang telah membuat komitmen sektor lain tertinggal.