Logo Bloomberg Technoz

Ana Clara Benevides, 23 tahun, pingsan di dalam stadion Nilton Santos di Rio de Janeiro pada 17 November dan meninggal kemudian di rumah sakit. Laporan tentang penyebab kematiannya diperkirakan akan keluar dalam sekitar 30 hari.

Suhu di kota itu mencapai puncak 43,8 derajat Celsius pada 18 November lalu, suhu tertinggi yang tercatat sejak setidaknya tahun 2014, ketika sistem peringatan pemerintah mulai memantau.

Menurut BMKG Brasil,  kondisi panas ini menjadi lebih buruk oleh kelembapan tinggi, yang membuatnya terasa lebih dekat ke 60 derajat Celsius. Dan tidak ada perubahan yang berarti pada malam hari, dengan suhu minimum hampir mencapai 39 derajat Celsius. 

Suhu siang hari telah turun di bawah 40 derajat Celsius dalam beberapa hari terakhir.

Amerika Selatan mengalami musim semi yang panas dan kering tahun ini, karena fenomena cuaca El Nino. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh World Weather Attribution, gelombang panas selama 10 hari yang melanda Brasil pada akhir Agustus dan awal September menjadi 100 kali lebih terjadi karena perubahan iklim.

Jaringan ilmuwan ini menggunakan metode yang direview oleh rekan sejawat untuk menentukan pengaruh pemanasan global pada peristiwa cuaca ekstrem.

Taylor Swift. (Sumber: Bloomberg)

Para penulis studi tersebut juga tidak dapat mengidentifikasi rencana apa yang dilakukan untuk mengatasi panas di Brasil. Hanya dengan meningkatkan kesadaran tentang bahaya panas, mendorong orang untuk tinggal di dalam ruangan dan minum, menerapkan sistem peringatan dini, dan memperkuat layanan darurat dapat mengurangi kasus heat stroke dan kematian, demikian yang mereka tulis.

“Sangat sulit untuk mempersiapkan populasi menghadapi gelombang panas, terutama di iklim lembab seperti sebagian besar Brasil,” kata Artaxo. “Kelembaban tinggi dengan suhu tinggi adalah kombinasi sempurna untuk dampak kesehatan yang lebih besar.”

Berbagai laporan dari beberapa penggemar menunjukkan bahwa penyelenggara tidak merespons dengan cukup baik terhadap peringatan panas ekstrem dari badan meteorologi Brasil.

"Mereka tidak mendistribusikan air meskipun cuaca panas, harga-harga sangat mahal, dan hampir tidak ada penjual di stadion," kata Julia Matos, penggemar berusia 23 tahun yang menghadiri konser pada 17 November. "Jumlah orangnya luar biasa, tidak ada kursi untuk semua orang, orang-orang saling berdesakan."

Banyak penggemar yang mengantri sejak awal untuk konser tidak tahan dengan panas dan akhirnya harus melepaskan tempatnya, beberapa bahkan begitu lemah sehingga harus dievakuasi dengan kursi roda, katanya. Mereka yang tetap di tempatnya mengibaskan diri sepanjang pertunjukan sambil pekerja mengambil botol air dan makanan karena barang-barang ini tidak diizinkan masuk ke dalam stadion.

Selama konser, beberapa penonton mulai meneriakkan permintaan air, mengangkat botol kosong ke udara untuk menarik perhatian penyanyi. Swift menghentikan pertunjukan berkali-kali, meminta dari panggung agar penyelenggara mendistribusikan air.

"Swift mengambil tindakan cepat dan itu mungkin telah berperan," kata Milad Haghani, ahli keselamatan kerumunan di University of New South Wales di Australia. 

"Kita tidak tahu apakah akan ada lebih banyak korban jiwa jika dia tidak memperhatikan situasi di lapangan."

Tiket untuk pertunjukan di Rio de Janeiro dijual sebagai tiket umum, sehingga tidak ada kursi yang ditentukan untuk setiap penonton konser, yang kemungkinan menyebabkan kerumunan di lapangan, katanya. Orang-orang yang berkemah selama beberapa hari sudah terpapar panas berlebih. Begitu pintu venue dibuka, mereka memilih untuk segera mengejar tempat yang bagus, daripada membeli air.

Selama konser, beberapa penonton mulai meneriakkan permintaan air, mengangkat botol kosong ke udara untuk menarik perhatian penyanyi. Swift menghentikan pertunjukan berkali-kali, meminta dari panggung agar penyelenggara mendistribusikan air.

"Swift mengambil tindakan cepat dan itu mungkin telah berperan," kata Milad Haghani, ahli keselamatan kerumunan di University of New South Wales di Australia. "Kita tidak tahu apakah akan ada lebih banyak korban jiwa jika dia tidak memperhatikan situasi di lapangan."

Tiket untuk pertunjukan di Rio de Janeiro dijual sebagai tiket umum, sehingga tidak ada kursi yang ditentukan untuk setiap penonton konser, yang kemungkinan menyebabkan kerumunan di lapangan, katanya. Orang-orang yang berkemah selama beberapa hari sudah terpapar panas berlebih. Begitu pintu venue dibuka, mereka sangat didorong untuk segera mengejar tempat yang bagus, daripada membeli air.

Otoritas federal Brasil membatalkan larangan membawa air minum ke dalam stadion dan meminta penyelenggara untuk memperbolehkan botol pada pertunjukan kedua Swift di Rio, yang berlangsung pada 20 November ketika suhu di kota pantai tersebut turun.

Masalah pada konser pertama ini merupakan bagian dari tren yang semakin berkembang di sepanjang acara massa, kata Haghani. Selama konser Ed Sheeran pada awal tahun ini di Pittsburgh, Pennsylvania, panas ekstrem menyebabkan 17 orang dirawat di rumah sakit karena penyakit terkait panas, termasuk jatuh, kejang, dan serangan jantung.

Pada beberapa kesempatan, penyelenggara terkadang mengabaikan penilaian risiko untuk kejadian cuaca meskipun itu "mudah dilakukan," katanya. "Kita memiliki alat-alat yang dapat diandalkan untuk memprediksi risiko dengan lebih baik dan tindakan yang dapat diambil untuk mengurangi risiko tersebut."

(bbn)

No more pages