Logo Bloomberg Technoz

Kuliner & Fashion Penyumbang Tertinggi Ekspor Ekonomi Kreatif

Septiana Ledysia
22 November 2023 18:40

Menteri Kemenparekraf, Sandiaga Uno (Dok. Sandiaga Uno)
Menteri Kemenparekraf, Sandiaga Uno (Dok. Sandiaga Uno)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiga Uno mengungkap nilai ekspor ekonomi kreatif pada kuartal ketiga mengalami pertumbuhan. Komoditas fashion dan kuliner masih penyumbang tertinggi.

“Tujuan ekspor Amerika masih terbesar yaitu fashion dan kuliner masih mendominasi. Untuk itu jangan ditinggalkan gerakan bangga buatan Indonesia,” kata Sandiaga dalam keterangan pers di akun YouTube resmi Kemenparekraf.

Sandiaga mengungkapkan nilai tambah ekspor ekonomi kreatif naik sedikit di bawah 5%. Nilai tambah ekonomi kreatif sangat kuat dan pertumbuhan tertinggi di sektor transportasi pergudangan jaksa lainnya dan akomodasi makan dan minum. 

“Per triwulan tiga 2023, Rp1.000 triliun telah terlampui, dan target total Rp12,79 triliun dan terlihat ini akan tercapai malah akan ada di atas target devisa ekspor ekonomi kreatif capai U$S17,4 miliar dengan fluktuasi dan ketegangan politik tidak berdampak dengan hasil akhir yaitu di atas US$27 miliar,” ujar Sandiaga.

Sandiaga Uno memaparkan ekspor ekonomi kreatif. (Sumber: Akun YouTube Kemenparekraf)

Untuk terkait perizinan event dan sertifikasi promotor, Sandiaga mengungkapkan rasa bangga dengan kesuksesan konser Coldplay di Jakarta seminggu lalu. Ke depannya diharapkan setiap konser akan berjalan dengan baik.