Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Tegur & Perintahkan Dirjen Pajak Bubarkan Geng Moge

26 February 2023 18:47

Dirjen Pajak Suryo Utomo memberikan keterangan pers di kantor pusat Ditjen Pajak, Selasa (10/1/2023). (Humas Ditjen Pajak)
Dirjen Pajak Suryo Utomo memberikan keterangan pers di kantor pusat Ditjen Pajak, Selasa (10/1/2023). (Humas Ditjen Pajak)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali dibuat pusing oleh perilaku pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) usai kontroversi kasus pencopotan pegawai pajak RAT, Jumat (24/2/2023) lalu. 

Tidak tanggung-tanggung kali ini Sri Mulyani menegur pimpinan DJP, Suryo Utomo, perihal gaya hidup mewah yang beredar di media sosial. Suryo diketahui tengah mengendarai motor sport mewah bersama sejumlah pegawai pajak yang tergabung dalam komunitas motor BlastingRijder DJP. Foto tersebut beredar luas di media sosial dan mengundang komentar negatif dari masyarakat.

Menanggapi kontroversi tersebut, Sri Mulyani pun menginstruksikan Suryo Utomo selaku Dirjen Pajak untuk membubarkan komunitas pencinta motor tersebut. Ia mengatakan gaya hidup tersebut tidak ditunjukkan oleh seorang pejabat publik.

"Jelaskan dan sampaikan kepada masyarakat/publik mengenai jumlah Harta Kekayaan Dirjen Pajak dan dari mana sumbernya seperti yang dilaporkan pada LHKPN," ujar Sri Mulyani dalam laman Instagram nya, dikutip Minggu (26/2/2023).

Menurutnya hobi dan gaya hidup mengendarai Moge (Motor Gede) akan menimbulkan persepsi negatif masyarakat dan menimbulkan kecurigaan mengenai sumber kekayaan para pegawai DJP.