Logo Bloomberg Technoz

India Alami Panas Ekstrem, Permintaan Batu Bara Meningkat

News
26 February 2023 17:36

Temperatur tinggi di India telah mendorong permintaan listrik ke tingkat tertinggi dalam beberapa pekan terakhir. (Dhiraj Singh/Bloomberg)
Temperatur tinggi di India telah mendorong permintaan listrik ke tingkat tertinggi dalam beberapa pekan terakhir. (Dhiraj Singh/Bloomberg)

Rajesh Kumar Singh dan Bibhudatta Pradhan - Bloomberg


Bloomberg
- Temperatur tinggi di beberapa bagian India telah mendorong permintaan listrik ke tingkat yang hampir mencapai rekor dalam beberapa pekan terakhir, memicu kekhawatiran tentang tekanan musim panas lainnya pada pasokan listrik.

Permintaan akan listrik mencapai titik tertinggi pada Januari yakni 211 gigawatt, mendekati rekor tertinggi sepanjang masa musim panas lalu ketika industri berat bangkit kembali dari pembatasan pandemi dan penduduk berjuang dengan kondisi panas terik yang membuat rekor panas selama 122 tahun pecah.

Beberapa daerah mengalami suhu mencapai 11 celcius di atas normal dalam sepekan terakhir dan mendorong Departemen Meteorologi India untuk menyarankan petani memeriksa gandum dan tanaman lain apabila menunjukkan tanda-tanda tekanan panas.

Anomali cuaca yang lebih panas - dan perkiraan bahwa konsumsi daya akan meningkat karena pompa irigasi dan pendingin udara dihidupkan - memicu kekhawatiran bahwa jaringan energi negara akan berada di bawah tekanan baru, setelah mengalami gangguan selama dua tahun berturut-turut.