Logo Bloomberg Technoz

Konser Coldplay Sumbang Rp45 M Pajak Daerah dari Penjualan Tiket

Lavinda
15 November 2023 17:30

Tiket konser Coldplay di Malaysia juga ludes dalam sekejap (Sumber: Coldplay)
Tiket konser Coldplay di Malaysia juga ludes dalam sekejap (Sumber: Coldplay)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Band Rock Alternatif asal Inggris, Coldplay akan menggelar konser di Indonesia untuk pertama kalinya pada malam ini, Rabu (15/11/2023). Konser grup musik legendaris ini diperkirakan membuat Pemerintah Daerah DKI Jakarta mengantongi pajak daerah mencapai Rp 45 miliar.

PK Entertainment, selaku promotor konser Colplay di Indonesia memilih Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, sebagai lokasi konser bertajuk 'Music of the Spheres World Tour' tersebut.

Sebelumnya, PK telah menjual tiket pada 19 Mei 2023, dengan masa pra-penjualan (pre-sale) selama dua hari, 17-18 Mei 2023. Seperti yang diperkirakan semua pihak, tiket ludes terjual hanya dalam beberapa jam.

Tiket termahal dibanderol dengan harga mencapai Rp 11 juta, sedangkan yang termurah Rp 800 ribu. Namun, daftar harga tersebut belum memasukkan tarif pajak yang harus dibayar penonton. Di dalam pengumumannya, penonton konser Coldplay harus membayar tarif pajak daerah sebesar 15% dan biaya jasa layanan 5%.

Peneliti Bidang Ekonomi The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research (TII), Putu Rusta Adijaya, mengatakan konser Coldplay berdampak positif terhadap pendapatan pajak karena berpotensi meningkatkan pajak daerah.