Logo Bloomberg Technoz

Kaesang Berlutut Sungkem ke Mega Kala Jokowi-PDIP Panas Dingin

Mis Fransiska Dewi
15 November 2023 00:00

Kaesang Pangarep berlutut sungkem ke Megawati di gedung KPU RI (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)
Kaesang Pangarep berlutut sungkem ke Megawati di gedung KPU RI (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kala hubungan PDI Perjuangan dan Presiden Jokowi serta keluarganya kian renggang, sikap dua putra kandung Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep saat berada di gedung KPU disorot. Memang, dalam pengambilan dan penetapan nomor urut pilpres, Gibran dan Kaesang harus bertemu dengan para pimpinan partai politik rival termasuk Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Yang menarik, usai gala dinner atau makan malam dan para pimpinan parpol dan paslon menuju venue terbuka rapat pleno terbuka, Kaesang Pangarep yang merupakan Ketua Umum PSI itu mendekati Megawati yang sedang duduk di jajaran depan. Di sebelah Megawati duduk Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) dan di sebelah lainnya duduk Ganjar Pranowo lalu Mahfud MD.

Dengan sikap berlutut, Kaesang melakukan salam dan hormat ala sungkem kepada Megawati dan direspons dengan senyum tipis oleh Presiden RI ke-5 tersebut. Tampak para politisi lain juga Ganjar menyungging senyum.

Sementara Gibran Rakabuming Raka yang merupakan Cawapres bagi Prabowo itu juga sempat menyalami Megawati mengikuti langkah Prabowo. 

Diketahui hubungan PDIP dengan Jokowi dan keluarganya kian renggang usai Gibran maju menjadi Cawapres di Pilpres 2024 bersama Prabowo Subianto. Padahal PDIP menginstruksikan bahwa kadernya harus tegak lurus dengan instruksi partai mendukung Ganjar Pranowo. Belakangan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga meratapi PDIP yang menurut dia ditinggalkan oleh Jokowi.