Logo Bloomberg Technoz

Rupiah akan Bergerak Lemah di Rp15.740/US$: Analisis Teknikal

Muhammad Julian Fadli
14 November 2023 07:58

Ilustrasi rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dari kacamata analisis teknikal, pergerakan rupiah hari ini diperkirakan masih akan melemah dengan kisaran koreksi ada di rentang Rp15.720-Rp15.740/US$ di mana level support terkuat ada di Rp15.784/US$.

Sementara trendline garis hijau menjadi resistance pada level Rp15.665/US$. Kemudian, target penguatan optimis lanjutan untuk dapat menguat ke level Rp15.640/US$

Selama rupiah masih bertengger di atas Rp15.700/US$, maka masih ada potensi untuk melanjutkan pelemahan di tren negatif.

Namun, apabila terjadi penguatan hingga di bawah Rp15.650/US$ dalam tren jangka menengah maka nilai rupiah berpotensi menguat hingga menuju Rp15.600/US$.

Nilai tukar rupiah hari ini menanti rilis data inflasi Amerika Serikat (AS) Selasa malam waktu setempat. Data inflasi AS itu akan memberi petunjuk paling jelas arah kebijakan bunga acuan Federal Reserve (The Fed) dalam beberapa bulan ke depan, apakah bank sentral telah selesai dengan kenaikan bunga acuan atau hanya menahannya untuk sementara.

Pagi ini di pasar derivatif, nilai rupiah diperdagangkan melemah namun di kisaran lebih kuat dibandingkan di pasar spot. Sementara indeks dolar AS semalam ditutup melemah di tengah aksi jual investor di pasar obligasi yang masih berlanjut, terindikasi dari penurunan indeks harga obligasi baik di pasar negara maju maupun emerging market.

Analisis Teknikal Nilai Rupiah Selasa 14 November (Divisi Riset Bloomberg Technoz)