Logo Bloomberg Technoz

Jadi Tuan Rumah G-20, India Melawan Tatanan Dunia Baru

News
23 February 2023 19:10

India menjadi tuan rumah G-20 (Samyukta Lakshmi/Bloomberg)
India menjadi tuan rumah G-20 (Samyukta Lakshmi/Bloomberg)

Michelle Jamrisko - Bloomberg News

Bloomberg - India akan memanfaatkan pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari negara-negara G-20 pekan ini untuk memperkuat pengaruhnya terhadap ekonomi berkembang di Asia, Afrika dan Amerika Latin yang disebut Global South.

India memang tidak menggelontorkan pinjaman miliaran dolar seperti program Belt-and-Road milik Presiden China Xi Jinping, namun India mencoba menggunakan kekuatan lunaknya untuk memperjuangkan isu-isu penting bagi negara-negara yang sedang berjuang menghapus utang. Itu salah satu isu yang mungkin muncul sebagai tema penting pada pertemuan yang akan digelar di Bengaluru pada 24-25 Februari.

Sementara China adalah saingan yang jelas, India juga tidak mau dibatasi oleh AS dan sekutunya. India akan membela kepentingannya sendiri seperti dalam hal keamanan energi. Bagi Perdana Menteri Narendra Modi, penyelenggaraan G-20 tahun ini adalah kesempatan untuk memanfaatkan kekuatan strategis dan ekonomi India yang terus tumbuh.

Kepentingan geopolitik India bagi AS dan sekutunya telah meningkat karena pembuat kebijakan di AS berusaha menahan kebangkitan Beijing, dengan peningkatan fokus pada pengelompokan kerja sama diplomasi Quad yang juga mencakup Jepang dan Australia.