Logo Bloomberg Technoz

Para ahli strategi memperkirakan bunga acuan akan turun antara 2,5% dan 2,75% pada akhir 2024, dan melihat bunga terminal pada 1,25% pada awal 2025. Pandangan mereka didasarkan pada ekspektasi bahwa ekonomi AS akan mengalami resesi pada kuartal kedua.

Sebaliknya, pasar uang memperkirakan the Fed akan memangkas hanya 75 basis poin, mulai Juli.

Untuk mendukung perkiraan mereka, para analis menunjuk pada siklus pelonggaran selama tiga dekade terakhir di mana bank sentral negara-negara G-10, tidak termasuk Jepang, telah cenderung memangkas suku bunga rata-rata 320 basis poin selama periode 15 bulan.

“Kami pikir kita akan memiliki siklus pemotongan normal,” kata analis Arend Kapteyn. “Setiap bank sentral — kecuali Jepang — akan melonggarkan lebih banyak dari yang diperkirakan pasar.”

Bank-bank Wall Street tetap terbelah soal prospek pelonggaran kebijakan the Fed. Morgan Stanley mengantisipasi pemotongan yang mendalam, sementara Goldman Sachs memperkirakan lebih sedikit pengurangan dan awal yang lebih lambat.

Baweja dan Kapteyn juga memperkirakan ECB akan memulai siklus pemotongan setelah the Fed — mulai Juni — dan hanya memangkas 75 basis poin. Pasar uang, di sisi lain, memperkirakan 100 basis poin pelonggaran, mulai April.

Jalur yang diproyeksikan lebih rendah untuk bunga acuan the Fed kemungkinan akan melemahkan dolar dan mendorong turun imbal hasil obligasi AS, Baweja mengantisipasi obligasi AS tenor 10 tahun akan mencapai titik terendah pada 3,5% tahun depan, karena volume penerbitan utang AS tetap tinggi.

“Dalam siklus yang sangat agresif dalam penurunan 275 basis poin, kita melihat obligasi tenor 10 tahun hanya turun sekitar 100 basis poin,” katanya.

(bbn)

No more pages