Logo Bloomberg Technoz

Bertemu Biden: Selain Bahas Palestina, Jokowi Tawarkan Mineral RI

News
13 November 2023 18:10

Ilustrasi Presiden Jokowi saat bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Presiden Jokowi saat bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. (Dok: Bloomberg)

Jennifer Jacobs - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) dan Indonesia sedang mendiskusikan potensi kerja sama dalam pasokan mineral penting.

Menurut para pejabat senior menjelang pertemuan di Gedung Putih, kedua pihak diperkirakan akan mengumumkan inisiatif bersama ketika Presiden Joe Biden dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu pada Senin. Pembicaraan tersebut akan fokus pada kemungkinan menuju kesepakatan terkait mineral penting antara kedua negara.

Indonesia adalah sumber utama nikel, menyumbang hampir setengah dari produksi dunia dari logam utama yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan listrik tersebut. Jokowi berupaya meningkatkan posisi Indonesia dalam rantai valuasi kendaraan listrik, dan mempromosikan gagasan tentang aliansi produsen nikel mirip dengan OPEC.

Biden menjadi tuan rumah bagi Jokowi di Washington sebelum pertemuan Pemimpin Ekonomi Asia Pasifik (APEC) pekan ini di San Francisco, yang dijadwalkan dihadiri oleh kedua pemimpin tersebut. Salah satu pejabat mengatakan bahwa Biden dan Jokowi juga akan membahas Timur Tengah, termasuk solusi dua negara untuk Israel dan Palestina. Mereka juga diperkirakan membahas sumber daya keuangan substansial yang diperlukan untuk membangun kembali Gaza.

Daftar produsen nikel. (Sumber: Bloomberg)