Logo Bloomberg Technoz

“Kami memantau, dengan sangat waspada, untuk potensi pelanggaran itu,” lanjutnya.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken saat bertemu dengan penasehat negara China Wang Yi  di sela-sela konferensi keamanan di Munich akhir pekan lalu juga menyatakan kekhawatiran bahwa China mempertimbangkan pemberian dukungan material kepada Rusia.

Kekhawatiran AS yang meningkat terhadap China menunjukkan semakin dalamnya ketidakpercayaan antara Washington dan Beijing setelah Presiden AS Joe Biden memerintahkan Angkatan Udara AS untuk menembak jatuh balon mata-mata China awal bulan ini.

Price mengatakan China juga telah mendukung Rusia dengan cara lain, termasuk di antaranya mendorong pesan propaganda Moskow.

Ia melanjutkan AS telah menjelaskan kepada Beijing bahwa akan ada konsekuensi nyata bagi hubungan bilateral mereka jika China mulai mencoba dan memiringkan medan perang demi keuntungan Rusia. Dia mengatakan AS tidak segan untuk memberikan sanksi kepada perusahaan China, tetapi menolak untuk mengatakan persisnya apa lagi yang akan dilakukan AS.

“Biaya reputasi yang ditanggung China sudah sangat nyata karena seluruh dunia melihat China, terlepas dari kenetralannya, kenetralannya sendiri, telah memberikan bentuk dukungan penting kepada Rusia,” ujarnya.

“Jadi seluruh dunia sedang menonton ini. Kami mengamati dengan sangat cermat untuk menentukan apakah China benar-benar memutuskan untuk mengambil langkah memberikan bantuan yang mematikan.”

(bbn)

No more pages