Logo Bloomberg Technoz

AS dan Rusia menandatangani New START pada tahun 2010 untuk menggantikan perjanjian START tahun 1991. Kesepakatan tersebut berlaku pada 5 Februari 2011 dan menerima perpanjangan lima tahun terakhirnya pada tahun 2021.  Sebelumnya, negosiasi perpanjangan New Start gagal di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump.

Apakah perjanjian itu sudah berhasil?
Ya. AS dan Rusia mengurangi persenjataan nuklir mereka hingga batas yang disepakati pada batas waktu 2018, sesuai dengan ketentuan perjanjian. Menurut Departemen Luar Negeri AS, mereka tercatat memiliki 1.420 hulu ledak yang siap untuk dikerahkan dan 659 sistem pengiriman strategis yang dikerahkan per 1 September 2022. Sementara Rusia memiliki 1.549 hulu ledak yang siap untuk dikerahkan dengan 540 peluncur. Jika digabungkan, kedua negara tersebut menyumbang sekitar 90% senjata nuklir dunia.

Mengapa inspeksi terhenti?
Inspeksi nuklir di Rusia awalnya ditangguhkan karena pandemi Covid-19. Rusia kemudian menolak untuk memulai kembali inspeksi pada Agustus 2022 seiring meningkatnya ketegangan kedua negara karena perang di Ukraina, menurut AS.

Upaya untuk melanjutkan pembahasan di Kairo pada November 2022 pun gagal setelah Rusia memutuskan untuk menundanya. Duta Besar Rusia untuk AS Anatoly Antonov mengatakan pada awal Februari, negaranya tetap berkomitmen pada tujuan perjanjian New START. Namun, pihaknya menilai mengundang militer AS ke fasilitas strategis Rusia tidak pantas dan tidak tepat mengingat keduanya tengah berada di sisi berlawanan dari konflik di Ukraina. Pada 21 Februari, Putin mengumumkan bahwa Rusia menangguhkan partisipasinya dalam perjanjian tersebut.

Mengapa Trump ingin menegosiasikan ulang New START?
Pemerintahan Trump menyebut perjanjian itu "sangat cacat" karena hanya membahas senjata jarak jauh tanpa menyertakan senjata taktis jarak pendek. Persenjataan taktis Rusia dinilai jauh lebih besar daripada AS. Pemerintahan Trump berharap Rusia menyetujui pembekuan keseluruhan hulu ledak nuklirnya. Para pembantu Biden khawatir bahwa New START tidak berlaku untuk senjata nuklir jarak pendek dan menengah.

Bagaimana status perjanjian pengendalian senjata lainnya?
Trump telah menarik AS dari Traktat Angkatan Nuklir Jangka Menengah (Intermediate-Range Nuclear Forces/INF) yang ditandatangani pada tahun 1987 oleh Presiden AS Ronald Reagan dan pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev. Ia juga mengeluarkan AS dari Perjanjian Angkasa Terbuka (Open Skies) di mana lebih dari 30 negara saling memberikan akses ke wilayah udara untuk bertukar informasi tentang kegiatan militer. Pemerintahan Biden memutuskan untuk tidak berpartisipasi kembali dalam Open Skies karena khawatir Moskow tidak mematuhi perjanjian tersebut. 


Referensi
Lembar fakta Departemen Luar Negeri AS tentang Perjanjian New START.
Layanan Riset Kongres AS tentang ketentuan utama perjanjian New START.
Editorial Opini Bloomberg: Mempertahankan New START  “sangat penting untuk keamanan AS.”
QuickTake Bloomberg tentang senjata nuklir taktis Rusia dan bagaimana Trump dan Vladimir Putin menggagalkan Perjanjian INF.
Analisis kebijakan Heritage Foundation yang menentang perpanjangan lima tahun penuh dari perjanjian yang "sangat cacat".

(bbn)

No more pages