Logo Bloomberg Technoz

Ganjar Pranowo Janji Indonesia Bebas Visa ke 120 Negara

Mis Fransiska Dewi
07 November 2023 19:15

Ganjar Pranowo. (Dok: Tangkapan Layar/Youtube CSIS)
Ganjar Pranowo. (Dok: Tangkapan Layar/Youtube CSIS)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo berjanji akan mengeluarkan kebijakan hukum untuk memperkuat visa respirokal. Dia bahkan mematok passport Indonesia bisa menerima bebas visa pada 120 negara.

"Hubungan kita dengan beberapa negara menjadi lebih baik [dengan bebas visa]," kata Ganjar dalam acara CSIS, Selasa (7/11/2023).

Berdasarkan Indeks Paspor Henley 2023, kekuatan passpor Indonesia duduk pada posisi ke-69 dari 199 negara di dunia. Indonesia hanya bisa mendapatkan bebas visa dari 73 dari total 227 negara tujuan bepergian. Kekuatan passpor Indonesia setara dengan salah satu negara Afrika yaitu Tanzania.

Indonesia kalah telak dari Singapura yang kekuatan passpornya berada pada posisi pertama. Negara terkecil di Asia Tenggara tersebut mendapatkan bebas visa dari 192 negara tujuan. Posisinya diikuti tiga negara besar Eropa yaitu Jerman, Italia, dan Spanyol dengan status bebas visa di 190 negara destinasi.

Dengan akses bebas visa, warga suatu negara bisa menjalani perjalanan dan kegiatan antarnegara dengan lebih mudah dan cepat. Pemilik passpor tak perlu mengurus dan membayar visa sebelum proses keberangkatan.