Logo Bloomberg Technoz

Menkeu AS akan Bertemu Wakil PM China Jelang KTT APEC

News
07 November 2023 11:25

Menkeu AS Janet Yellen (Sumber: Bloomberg)
Menkeu AS Janet Yellen (Sumber: Bloomberg)

Viktoria Dendrinou - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Keuangan (Menkeu) Amerika Serikat, Janet Yellen, dan Wakil Perdana Menteri China akan mengadakan pertemuan selama dua hari di San Francisco minggu ini. Pertemuan tersebut sebagai langkah menuju hubungan yang lebih normal, menjelang pertemuan yang dinantikan antara pemimpin dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia ini.

Berdasarkan pernyataan dari Departemen Keuangan yang dirilis pada Senin, Yellen dan Wakil Perdana Menteri China, He Lifeng, pejabat ekonomi tertinggi negara tersebut, akan bertemu pada tanggal 9-10 November. Hal ini terjadi beberapa hari sebelum AS menjadi tuan rumah pertemuan selama sepekan di kota California yang akan mempertemukan para pemimpin dan menteri senior dari sekitar 21 negara di Lingkar Pasifik, di bawah naungan grup Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC).

Pertemuan antara Yellen dan He didasarkan dari serangkaian kunjungan dan pengumuman antara kedua pihak yang bertujuan untuk memulihkan hubungan diplomatik, dan melanjutkan dialog tentang topik-topik ekonomi di tengah ketegangan atas berbagai isu. Mulai dari kontrol ekspor AS hingga keterlibatan militer China di Laut China Selatan. China telah mengkonfirmasi bahwa He akan mengunjungi AS mulai dari tanggal 8-12 November.

Kunjungan Yellen dan pejabat AS lainnya ke China tahun ini, serta kunjungan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, ke Washington bulan lalu, membantu mempersiapkan panggung untuk pertemuan antara Presiden Joe Biden dan Xi Jinping di KTT APEC mendatang. Ini akan menjadi diskusi empat mata mereka dalam setahun.