Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Klaim Investasi di IKN Tembus Rp45 T Hingga Desember 2023

Fransisco Rosarians Enga Geken
02 November 2023 10:25

Presiden Jokowi meresmikan groundbreaking pembangunan sekolah internasional, Nusantara Intercultural School (Dok Setpres)
Presiden Jokowi meresmikan groundbreaking pembangunan sekolah internasional, Nusantara Intercultural School (Dok Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengklaim total investasi pada proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menembus Rp45 triliun hingga Desember 2023. Menurut dia, sejumlah perusahaan swasta saat ini sudah memulai proses groundbreaking dan pembangunan fisik sejumlah fasilitas di kawasan Nusantara.

"Rp45 triliun hingga Desember. Itu yang riil (pembangunan fisik) saja ya," kata Jokowi seperti dilansir Sekretariat Presiden.

Investasi swasta pertama masuk ke kawasan IKN senilai Rp23 triliun sudah dimulai pada akhir September lalu. Pada saat itu, Jokowi meresmikan dimulainya pembangunan mega proyek dari konsorsium Agung Sedayu Grup. 

Empat proyek yang peletakan batu pertamanya dilakukan Jokowi pada saat itu antara lain; Hotel Nusantara, Hotel Vasanta, Rumah Sakit Abdi Waluyo, dan National Training Centre.

Saat ini, kata Jokowi, dia juga akan meresmikan pembangunan sejumlah proyek dengan nilai mencapai Rp12 triliun di IKN. Kemarin, dia meletakan batu pertama pada pembangunan Bandara IKN; Superblokl Pakuwon Nusanta yang berisi apartemen, hotel, dan mall; Mayapada Hospital Nusantara; Nusantara Intercultural School; dan Rumah Sakit Hermina Nusantara.