Logo Bloomberg Technoz

"Kami melihat volatilitas yang lebih besar pada awal kuartal keempat," kata perusahaan, menambahkan bahwa mereka "secara cermat memantau tren makroekonomi dan konflik geopolitik yang mungkin berdampak pada permintaan perjalanan."

Saham perusahaan turun sekitar 3% dalam perdagangan setelah jam kerja setelah penutupan di New York, yang pada saat penutupan berada pada US$119,47. Saham tersebut telah naik 40% sepanjang tahun ini hingga penutupan pada hari Rabu.

Pendapatan Airbnb menambah bukti dari indikasi bahwa lonjakan perjalanan pasca-pandemi mungkin mulai melambat menjelang liburan akhir tahun.

Maskapai penerbangan dan perusahaan perjalanan lainnya, termasuk Airbnb, mengalami permintaan rekor sepanjang musim panas, fenomena yang disebut "perjalanan balas dendam," ketika orang-orang bersedia membayar harga tinggi untuk penerbangan dan akomodasi demi memenuhi rencana perjalanan mereka yang tertahan setelah Covid. Namun, beberapa pelancong mulai mengerem kegiatan itu.

Pendapatan Airbnb pada kuartal ketiga melampaui ekspektasi Wall Street, melonjak 18% dari tahun sebelumnya menjadi US$3,4 miliar. Perusahaan melaporkan 113,2 juta malam dan pengalaman yang dipesan selama periode tersebut, naik 14% dan sedikit di atas perkiraan rata-rata.

Grafik Airbnb. (Sumber: Bloomberg)

Setelah mendapatkan manfaat dari penginapan jangka panjang di daerah pedesaan selama pandemi, Airbnb mengatakan bahwa lebih banyak tamu telah kembali ke kota, dengan malam yang dipesan di daerah perkotaan yang padat meningkat 15% pada kuartal ketiga dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Perjalanan internasional juga kembali, dengan malam yang dipesan lintas batas meningkat sebesar 17%. Bisnis di Asia Pasifik juga telah pulih sepenuhnya ke tingkat sebelum pandemi.

Bagi Airbnb yang berbasis di San Francisco, di mana saham dan valuasinya semakin ditantang oleh Wall Street, perlambatan yang akan datang adalah tanda lain bahwa perusahaan ini telah memasuki fase yang lebih matang dengan jalur pertumbuhan yang moderat.

Brian Chesky, co-founder and chief executive officer of Airbnb Inc. (Sumber: Bloomberg)

Menurut analisis Bloomberg Intelligence, Airbnb terus menghadapi risiko regulasi yang semakin meningkat - yang terbaru di Kota New York dan Kanada - yang diperkirakan akan membebani pasokan atau pertumbuhan malam penginapan dalam jangka pendek.

New York memberlakukan aturan ketat baru pada bulan September yang mengharuskan tuan rumah untuk mendaftar ke kota dan memenuhi standar bangunan yang ketat. Airbnb menganggap langkah tersebut sebagai "de facto ban" terhadap bisnis mereka yang telah menghapus ribuan daftar di kota tersebut. 

"Peningkatan pembatasan regulasi kemungkinan akan menjadi kendala dalam jangka pendek," tulis analis Bloomberg Intelligence, Mandeep Singh dan Nishant Chintala, setelah rilis hasil pendapatan tersebut. 

(bbn)

No more pages