Logo Bloomberg Technoz

Blok Selat Madura Target Produksi Gas 300 MMSCFD Hingga 2027

Redaksi
02 November 2023 08:50

Produksi gas lepas pantai Husky-CNOOC Madura Limited. (Dok: Perusahaan)
Produksi gas lepas pantai Husky-CNOOC Madura Limited. (Dok: Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Sampang - Husky-CNOOC Madura Ltd (HCML) menargetkan tambahan produksi gas di seluruh wilayah operasi mereka mencapai sekitar 300 standar kaki kubik per hari (MMSCFD)  pada tahun 2025 hingga 2027.

Pasokan gas utamanya saat ini dihasilkan dari tiga lapangan gas di Madura Strait PSC - KKKS HCML, yaitu BD, MDA, MBH, dan MAC. Sedangkan dua lapangan lain, MDK dan MBF, masih dalam tahap pengembangan.

“Pengembangan lapangan HCML memberi tambahan produksi gas hingga mencapai sekitar 300 MMSCFD, saat ini penyerapan sales gas HCML telah kami salurkan ke industri, petrokimia, kelistrikan, juga jaringan gas bersubsidi,” kata Redhata Rangkuti, Well Head Platform (WHP) Superintendent HCML di Sampang, Mandura, Rabu (1/11/2023).

Ia menambahkan lapangan BD, yang telah masuk fase produksi 2017, memiliki kapasitas produksi migas dengan rincian sales gas 110 MMSCFD, ditambah minyak kondensat (condensate oil) 6.000  barel per hari (BOPD).

Pengeboran pada lapangan BD dilakukan melalui kegiatan Sail Away WHP, yang kemudian dikirimkan ke fasilitas terapung untuk mengolah migas dari pengeboran lepas pantai (floating production storage and offloading/FPSO).

Produksi gas lepas pantai Husky-CNOOC Madura Limited. (Dok: Perusahaan)