Logo Bloomberg Technoz

Survei: Pertumbuhan Ekonomi Teratas di Isu Pemilu

Sultan Ibnu Affan
21 February 2023 21:07

Rapat Pleno Penetapan Nomor Urut Parpol Pemilu 2024 (DOK Humas KPU)
Rapat Pleno Penetapan Nomor Urut Parpol Pemilu 2024 (DOK Humas KPU)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kurious, salah satu unit panel yang berbasis komunitas online bersama Katadata Insight Center melakukan survei soal persepsi masyarakat yaitu isu yang dianggap penting diusung calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Pemilu 2024. Hasilnya menunjukkan bahwa mayoritas responden menilai pertumbuhan ekonomi menjadi isu yang paling penting yakni sebesar 68,7%.

"Isu yang menjadi concern masyarakat adalah terkait dengan pertumbuhan ekonomi dengan 68,7%. Isu inilah yang jadi prioritas untuk dibenahi oleh capres-cawapres mendatang," kata Wakil Kepala Kurious Mirza Akmarizal dalam peluncuran data survei cepat Kurious yang diselenggarakan secara virtual oleh Katadata pada Selasa (21/2/2023).

Isu tersebut mengalahkan isu lain yang juga ditanyakan kepada responden seperti pengangguran yang mendapatkan 54,3%, inflasi 29,8%, stabilitas harga bahan bakar minyak 25,5% dan isu soal kesiapan industri digital 21,7%.

Sementara itu hadir dalam kesempatan yang sama, pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin mengatakan, isu yang diusung capres-cawapres bukan satu-satunya yang perlu disoroti. Dia juga menilai bahwa potensi politik uang di pemilu nanti perlu mendapat perhatian.

Menurutnya, demokrasi di Indonesia memang sangat sulit dilepaskan dari praktik politik uang yang kerap terjadi pada masa-masa mendekati pemilu baik itu pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden dan wakilnya.