Logo Bloomberg Technoz

Pemilu Diharapkan Jadi Stimulus Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini

Rezha Hadyan
07 February 2023 11:21

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.(Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.(Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan digelar pada awal tahun depan diharapkan mampu membantu perekonomian Indonesia tetap tumbuh sesuai dengan target di tengah ancaman resesi ekonomi di sejumlah negara.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut kampanye Pemilu 2024 yang dimulai tahun ini akan menjadi vitamin bagi pemulihan ekonomi nasional pascapandemi COVID-19. Oleh karena itu, dia optimistis pertumbuhan ekonomi pada 2023 bisa kembali mencapai angka 5,3% seperti 2022.

Pertumbuhan ekonomi tahun lalu tercatat menjadi yang tertinggi selama sembilan tahun pemerintahan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo.

"Tahun politik jadi vitamin baru [bagi] pemulihan ekonomi 2023. Belanja [kebutuhan] tahun politik bakal mendorong daya beli masyarakat," katanya dalam konferensi pers yang digelar secara virtual pada Senin (7/2/2023).

Airlangga yang juga merupakan Ketua Umum Partai Golkar ini juga yakin tahun politik tidak akan mengganggu aktivitas ekonomi. Sebab, sejak dimulainya era reformasi pada 1998 pesta demokrasi yang digelar setiap lima tahun sekali tidak pernah memberikan pengaruh negatif terhadap perekonomian nasional.