Logo Bloomberg Technoz

Amran Sulaiman, Penemu Racun Tikus yang Kembali jadi Mentan

Dovana Hasiana
25 October 2023 15:20

Amran Sulaiman. Foto:Instragram/a.amran_sulaiman
Amran Sulaiman. Foto:Instragram/a.amran_sulaiman

Bloomberg Technoz, Jakarta - Amran Sulaiman kembali mengampu jabatan Menteri Pertanian usai dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, tadi Pagi. Dia adalah bos Tiran Grup, induk perusahaan yang memiliki banyak cabang usaha seperti tambang emas, tambang nikel, tambang timah, perkebunan tebu dan wakit, pabrik gula, SPBU, distributor semen dan pestisida, hingga racun tikus atau rodentisida.

Tiran sendiri merupakan akronim dari 'Tikus Diracun Amran'. Ini adalah produk dan usaha pertama Amran yang membuatnya bisa memiliki perusahaan besar di berbagai bidang.

Amran dikenal sebagai penemu pestisida khusus untuk membunuh hama tikus yang menjadi momok di perkebunan dan pertanian. Dia tela melakukan penelitian tentang racun khusus tersebut sejak masih menjadi mahasiswa. Pestisida berlabel Tiran ini kemudian dipatenkan pada 1995 sebagai pembasmi paling efektif hama pengerat.

Kiprah Amran ini kemudian membuatnya dikenal secara nasional, terutama setelah mendapatkan Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan di Bidang Wirausaha Pertanian dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2007. Dia kemudian dilirik Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk menjadi Menteri Pertanian pada Kabinet Indonesia Kerja, 2014-2019.

Usai dilantik kembali, Amran pun kembali mengungkap kisahnya sebagai Mentan pada periode tersebut. Dia mengklaim punya komitmen menjadi pejabat yang tak punya konflik kepentingan dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

Amran Sulaiman dilantik sebegai Mantan Menteri Pertanian Republik Indonesia oleh Presiden Joko Widodo. Foto: Youtube/Sekretariat Negara