Logo Bloomberg Technoz

Besar kemungkinan ada pengurangan oleh perpindahan investor ke surat uang. Selama pandemi, yield terpantau sangat rendah dan mulai terkerek naik.

“Ketertarikan pada staking Ether telah turun secara signifikan,” kata David Lawant, kepala penelitian FalconX, sebuah platform perdagangan aset digital. Hal ini mungkin tecermin dari validator yang melakukan staking Ether. Validator menjalankan perangkat lunak untuk memverifikasi dan menambahkan transaksi ke dalam buku besar digital, dan mendapatkan imbalan dalam token asli buku besar tersebut.

Aktivitas Antrean Mengecil

Peminat harus mengantre mendapatkan kesempatan di jaringan Ethereum. Antrean tersebut telah menyusut secara dramatis menjadi 257 pada 19 Oktober dari puncaknya pada bulan Juni sekitar 96.500, berdasarkan Validator Queue.

“Ini merupakan indikasi bahwa permintaan mempertaruhkan Ether, untuk saat ini, telah terpenuhi,” tulis perusahaan riset aset digital Kaiko dalam sebuah catatan baru-baru ini.

Pembayaran staking ditentukan oleh berbagai faktor, tetapi variabel terpenting adalah jumlah validator makin banyak berarti semakin rendah tingkat imbalannya.

Bitcoin-ether ration sejak raihan tertingginya di tahun 2022. (Dok: Bloomberg)

Popularitas staking Ether menjamur setelah peningkatan ke jaringan Ethereum dimulai pada September tahun lalu. Layanan seperti Lido dan Rocket Pool, yang memungkinkan akses lebih mudah ke reward, tumbuh menjadi kategori terbesar di industri keuangan terdesentralisasi kripto.

“Kenaikan staking telah mengurangi daya tarik Ethereum dari perspektif 'imbal hasil', terutama dengan latar belakang kenaikan imbal hasil dalam aset keuangan tradisional,” tulis para ahli strategi JPMorgan Chase & Co., termasuk Nikolaos Panigirtzoglou dalam sebuah catatan Oktober.

Blockchain lain seperti Solana dan Cardano menggunakan staking, sedangkan Bitcoin mengambil pendekatan yang berbeda. Untuk Solana, sekitar 72% jika token SOL-nya dikunci untuk staking. Untuk ADA Cardano adalah 63%, data Staking Rewards menunjukkan.

Rasio staking Ethereum, saat ini sebesar 22,6%, mungkin akan mencapai angka “lebih rendah dari yang diperkirakan beberapa orang,” kata Lawant.

Jumlah koin Ether yang di-staking turun 67% menjadi 1,2 juta pada September dibandingkan dengan Mei, menurut data Dune Analytics dari penerbit produk yang diperdagangkan di bursa, 21Shares AG.

(bbn)

No more pages