Logo Bloomberg Technoz

Jelang Halving, Bitcoin dan Token Lainnya Meroket Sepekan

Muhammad Julian Fadli
19 October 2023 12:25

Bitcoin. (Paul Yeung/Bloomberg)
Bitcoin. (Paul Yeung/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pergerakan aset kripto kompak bergerak di zona hijau dalam sepekan terakhir. Termasuk Bitcoin dan sejumlah token yang lebih kecil. Harganya naik melewati rata-rata pergerakan pasar kripto.

Adapun pendorong kenaikan token kripto dengan market cap kecil selama periode tersebut adalah tanda-tanda positif menuju apa yang disebut “Halving” atau “Halvening.”

Halving adalah kondisi saat reward yang diterima oleh seorang miner (Penambang) dikurangi setengah dari sebelumnya. Halving ini terjadi setiap 210.000 blok terbentuk, dengan tujuan  menjaga kelangkaan aset kripto seperti Bitcoin.

Berdasarkan data historis, Financial Expert Ajaib Kripto Panji Yudha memaparkan, harga Bitcoin berpotensi reli panjang ketika momentum Halving terjadi hingga satu tahun setelahnya. 

“Sesuai dengan prinsip ekonomi, berkurangnya produksi Bitcoin dan meningkatnya jumlah permintaan Bitcoin maka harga Bitcoin akan melonjak, membuat investor harus bersedia membayar harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan Bitcoin,” terang Panji, mengutip riset yang diterbitkan, pada Kamis (19/10/2023).