Logo Bloomberg Technoz

Unjuk Gigi EV Murah Buatan Lokal di IIMS 2023

Sultan Ibnu Affan
17 February 2023 14:01

Gelora EV Blind Van DFKS dalam gelaran IIMS 2023. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)
Gelora EV Blind Van DFKS dalam gelaran IIMS 2023. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta – DFSK memperkenalkan mobil lsitrik atau electric vehicle (EV) yang sepenuhnya diproduksi secara lokal, dengan nama Gelora E. Fabrikasi mobil ini diklaim hampir seluruhnya menggunakan teknologi robotik yang selaras dengan misi pemerintah membangun Industri 4.0. 

Diluncurkan di sela pergelaran Internasional Motor Show (IIMS) 2023, Gelora E diproduksi di pabrik seluas 20 hektare milik PT Sokonindo Automobile yang berada di Cikande, Serang, Provinsi Banten. 

Dengan adanya produksi mobil listrik lokal ini, DFSK menilai telah menunjukkan komitmen dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. 

Sebab, produksi lokal ini juga dinilai dapat membuat harga EV makin terjangkau karena komponen kendaraan diproduksi sendiri oleh perusahaan atau completely knocked down (CKD).

“Hal ini tentu akan memberikan dampak positif, khususnya dari segi harga, karena sudah diproduksi secara lokal dan membuat harga jualnya ke konsumen menjadi makin terjangkau," kata CEO PT Sokonindo Automobile, Alexander Barus, Jumat (17/02/2023).

Pengunjung mengamati mobil dalam pameran IIMS 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)