Logo Bloomberg Technoz

Qualcomm PHK Karyawan, Cermin Industri Smartphone Belum Pulih

News
13 October 2023 12:00

Qualcomm. (Dok: Bloomberg)
Qualcomm. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg, Produsen cip terbesar untuk smartphone, Qualcomm Inc. ikutan mengambil kebijakan pengurangan karyawan atau Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) mengingat permintaan yang belum pulih atas produk utama perusahaan.

Dalam perkiraan International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker, tahun ini pasar smartphone masih akan turun  3,2% dengan estimasi penjualan 1,17 miliar unit dibanding posisi sebelumnya 1,2 miliar unit. 

Anthony Scarsella, Direktur Riset IDC menjelaskan bahwa produsen smartphone mengalami kelebihan pasokan akibat perangkat yang belum terjual. Produsen smartphone memilih mengamankan portofolio mereka hingga pasar membaik.

Hal yang secara nyata berdampak pada permintaan cip untuk smartphone, termasuk Qualcomm Inc. Demi menciptakan keseimbangan baru, 1.258 posisi di kantor San Diego dan Santa Clara, harus di-PHK. Berdasarkan perkiraan Departemen Pengembangan Tenaga Kerja California.

Total keseluruhan pengurangan karyawan perusahaan mencapai 50.000 orang. Mereka berasal dari divisi teknisi, mulai staf hingga level direktur. Posisi lain yang terdampak PHK berasal dari berbagai posisi seperti staf teknis internal dan staf akuntan.