Logo Bloomberg Technoz

Hasil penelusuran Elliptic menunjukkan bahwa Bitcoin milik peretas sebagian besar bercampur dengan Bitcoin dari kelompok kriminal yang berelasi dengan Rusia. Ini berarti peretas sudah terbiasa dengan jaringan yang digunakan oleh kelompok-kelompok tersebut, menurut Elliptic.

“Pelaku yang terkait dengan Rusia tampaknya merupakan indikasi yang lebih kuat,” kata Elliptic. 

“Dari aset hasil pengambilan yang dapat ditelusuri melalui ChipMixer, sebagian besar digabungkan dengan dana dari kelompok kriminal yang terkait dengan Rusia, termasuk kelompok ransomware dan pasar darknet, sebelum dikirim ke bursa. Hal ini menunjukkan keterlibatan broker atau perantara lain yang memiliki hubungan dengan Rusia.”

Pada bulan Maret, Departemen Kehakiman AS mengatakan bahwa operasi internasional terkoordinasi telah menyebabkan penutupan ChipMixer. Operator ChipMixer di Vietnam didakwa melakukan pencucian uang.

Identitas peretas FTX telah lama menjadi target spekulasi. Dana yang dicuri tidak aktif selama beberapa bulan, tetapi mulai bergerak lagi sesaat sebelum persidangan salah satu pendiri FTX, Sam Bankman-Fried (SBF), dimulai awal bulan ini. 

Bankman-Fried kini menjalani peradilan di New York dengan dakwaan menipu investor dengan melibatkan dana miliaran dolar. Bankman-Fried menyangkal seluruh tuduhan.

(bbn)

No more pages