Logo Bloomberg Technoz

Putin Pede Rusia Bisa Turut Selesaikan Konflik Palestina-Israel

News
12 October 2023 08:50

Presiden Rusia Vladimir Putin. (dok Bloomberg)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Moskow - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Rusia dapat memberikan kontribusi pada penyelesaian konflik Palestina-Israel.

Ia tampaknya tertarik untuk memainkan peran sebagai mediator dalam konflik itu. Namun, mengingat posisi Rusia yang semakin terisolasi di dunia internasional, belum jelas seberapa efektif Rusia dapat berperan dalam penyelesaian konflik tersebut.

"Kami memiliki hubungan ekonomi yang sangat stabil dengan Israel. Kami memiliki hubungan persahabatan dengan Palestina selama beberapa dekade. Teman-teman kami mengetahui hal ini. Menurut pendapat saya, Rusia juga dapat berkontribusi pada proses penyelesaian," katanya, dikutip dari Tass.

Pemimpin Rusia itu juga menunjukkan bahwa kerja Kuartet Timur Tengah,yang mencakup PBB, Rusia, AS, dan Uni Eropa dapat dihidupkan kembali untuk tujuan ini. Ia juga mengatakan bahwa konflik tersebut sekarang berada pada tahap akut yang belum pernah terjadi sebelumnya. "Akutnya sedemikian rupa sehingga kami tidak melihat hal seperti ini, saya pikir, di tempat lain," kata dia.

Ketegangan kembali meningkat di Timur Tengah pada 7 Oktober ketika militan dari kelompok militan Palestina, Hamas melancarkan serangan mendadak ke wilayah Israel dari Jalur Gaza. Ribuan orang tewas dari serangan Hamas dan pembalasan dari Israel.