Logo Bloomberg Technoz

Transaksi WNI Pakai QRIS di Thailand Tembus Rp 8 M

Krizia Putri Kinanti
16 February 2023 16:36

Seorang pedagang melayani pembeli di Bangkok, Thailand (Andre Malerba/Bloomberg)
Seorang pedagang melayani pembeli di Bangkok, Thailand (Andre Malerba/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sistem pembayaran dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang diterbitkan Bank Indonesia (BI) sudah bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di negara Thailand sejak Agustus tahun lalu. 

Doni P. Joewono Deputi Gubernur BI mengatakan BI mencatat setidaknya terdapat 14,555 transaksi dengan menggunakan QRIS dengan total nilai mencapai Rp 8,54 miliar.

Menurut Doni, implementasi itu biasanya paling banyak dimanfaatkan oleh wisatawan, baik dari Thailand ke Indonesia maupun sebaliknya. Saat ini menurut data, wisatawan Thailand yang datang ke Indonesia cukup banyak, tapi sebaliknya orang Indonesia lebih banyak yang berkunjung ke negeri Gajah Putih itu.

"Dalam kondisi sekarang yang mana PPKM baru saja dicabut, wisatawan Thailand ke Indonesia (inbound) masih sedikit sekitar 6.258, dan 51.000 lebih wisatawan Indonesia ke Thailand. Apabila berkaitan dengan transaksi, tentunya transaksi outbound sebesar 14,555 kali transaksi sejumlah Rp8,54 miliar, transaksi wisatawan Thailand ke kita total Rp114 juta," ujarnya dalam konferensi pers usai RDG, Kamis (16/2/2023).

BI, menurut Doni, akan terus mendorong agar transaksi wisatawan Thailand bisa meningkat. Ditambah dengan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  atau PPKM yang dicabut, BI berharap bisa meningkatkan wisatawan lebih banyak lagi yang datang ke Indonesia.