Logo Bloomberg Technoz

Kemenlu Bantah 1 WNI Tewas di Gaza Akibat Gempuran Israel

Wike Dita Herlinda
10 October 2023 19:09

Warga Palestina membawa jenazah korban menyusul pemboman Israel di Kota Gaza, Gaza, Sabtu, (7/10/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Warga Palestina membawa jenazah korban menyusul pemboman Israel di Kota Gaza, Gaza, Sabtu, (7/10/2023). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Luar Negeri membantah kabar satu orang warga negara Indonesia (WNI) tewas di Gaza, Palestina, di tengah konflik yang membara antara Israel dan kelompok Hamas.

“Bukan [WNI]. Memang ada staf rumah sakit [RS] Indonesia yang meninggal [di Gaza], tetapi almarhum adalah staf lokal, warga negara Palestina,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhamad Iqbal, saat dimintai konfirmasi, Selasa (10/10/2023).

Di sisi lain, Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun sebelumnya mengeklaim terdapat satu orang WNI yang tewas akibat serangan militer Israel di wilayah Gaza.

Menurut keterangan Zuhair, korban yang diduga WNI tersebut tewas ketika sedang bekerja di RS Indonesia yang terletak di Beit Lahiya, Utara Jalur Gaza itu terdampak serangan Israel pada Sabtu (7/10/2023).

"Bahkan, rumah sakit Anda [Indonesia], rumah sakit Anda di Gaza, Rumah Sakit Indonesia, telah hancur. Satu orang WNI terbunuh," kata Zuhair dalam konferensi persnya di Gedung Nusantara III DPR RI Senayan, Jakarta, Selasa (10/10/2023).