Logo Bloomberg Technoz

Polisi Malaysia Ungkap Peran Ex Bankir Goldman Sach di Kasus 1MDB

News
10 October 2023 16:05

Roger Ng (Sumber: Victor J. Blue/Bloomberg)
Roger Ng (Sumber: Victor J. Blue/Bloomberg)

Kok Leong Chan - Bloomberg News

Bloomberg,  Kepolisian mengatakan Malaysia sedang menyelidiki bagaimana mantan bankir Goldman Sachs Group Inc., Roger Ng, membantu mengatur penjualan obligasi senilai miliaran dolar untuk dana pembangunan negara 1MDB.

Polisi Malaysia bergantung pada kerjasama Ng untuk memulihkan sebanyak mungkin dari miliaran dolar yang dicuri dari dana tersebut selama dekade sebelumnya. Inspektur Jenderal Polisi Razarudin Husain pada hari Selasa mengatakan Ng, seorang warga Malaysia, berada di bawah perlindungan polisi setelah tiba dari AS pada hari Minggu.

"Kami berharap dia akan bekerja sama dalam pemulihan aset," kata Razarudin kepada wartawan di Kuala Lumpur. "Ada banyak aset yang harus dikembalikan."

Goldman menghasilkan US$593 juta dari tiga penjualan obligasi yang menghasilkan US$6,5 miliar untuk 1MDB pada tahun 2012 dan 2013. Berdasarkan kesepakatan pada Juli 2020, Malaysia menghentikan semua tuntutan pidana terhadap bank atas perannya dalam skandal tersebut dengan imbalan pembayaran tunai sebesar US$2,5 miliar, dan pengembalian terjamin sebesar US$1,4 miliar dari aset 1MDB yang disita.