Logo Bloomberg Technoz

Dalam kunjungan itu, dia juga didampingi oleh beberapa menteri kabinetnya yakni Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Esemka merupakan perusahaan otomotif buatan lokal yang didirikan sejak 2007 oleh PT Solo Manufaktur Kreasi yang saat ini produksinya beroperasi di Boyolali, Jawa Tengah.

Merek mobil ini juga menjadi salah satu peserta dalam gelaran pameran IIMS tahun ini. Pameran ini juga merupakan kali pertama Esemka unjuk gigi dalam pameran otomotif Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tinjau booth ESEMKA di pameran IIMS 2023,JIExpo Kemayoran, Kamis (16/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Hingga saat ini, perusahaan otomotif swasta nasional itu telah memiliki izin untuk memproduksi 8 jenis kendaraan dengan berbagai variasi, yakni:

1. Esemka Bima 1.0 M/T

2. Esemka Bima 1.2 M/T

3. Esemka Bima 1.3 M/T

4. Esemka Bima 1.3 L M/T

5. Esemka Bima 1.8 D M/T

6. Esemka Digdaya 2.0 M/T

7. Esemka Garuda 2.0 (4x4) M/T

8. Esemka Borneo 2.7 D

Selain itu, dalam pergelaran ini, Esemka memperlihatkan 2 jenis mobil baru bertenaga listrik yang berbentuk Mini Bus dan Blind Van, yang sempat dijajal Jokowi.

(ibn/wdh)

No more pages