Logo Bloomberg Technoz

“Saya ucapkan terima kasih kepada industri otomotif sudah meningkatkan ekspornya hampir 100 %. Namun, kita masih kalah dengan Thailand, sehingga saya ingin mendorong lagi ekspor  [otomotif] setiap tahunnya,” ujar Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi booth pameran IIMS 2023 di JIExpo Kemayoran, Kamis (16/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Terkait dengan penggunaan kendaraan listrik, Presiden juga mengajak pelaku industri untuk menyimak tren global tersebut. Sedikit demi sedikit, dia meyakini produksi otomotif nasional akan bergerak menuju kendaraan listrik dari yang tadinya berbasis combustion.

“Karena pemerintah juga saat ini terus mendorong agar dari hulu sampai hilir, ekosistem besar mobil listrik bisa kita memiliki sehingga bisa masuk rantai pasok global. Industri baterai kendaraan listrik dari lithium, semuanya kami terus dorong hingga selesai. Jadi investor sekarang mau bikin katon atau prekus kita setop dahulu, harus masuk ke EV [electric vehicle] battery, sehingga bisa memiliki nilai tambah lebih.”

Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2023 resmi mulai digelar pada hari ini, Kamis (16/02/2023). Salah satu pameran otomotif terbesar ini akan dihadiri oleh 165 merek otomotif ternama, di mana sebanyak 45 di antaranya merek mobil.

"Kali ini kita sudah menempati sekitar 75.000 member, yang paling baru di sini ada lebih dari 45 (merek mobil) dan exhibitor lebih dari 165 [peserta]," kata Daswan Marpaung, Presiden Direktur Dyandra Promosindo, saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/02/2023).

Dengan dicabutnya pembatasan aturan Covid-19, kata Daswan, pergelaran pameran IIMS kali ini diharapkan dapat menampilkan euforia yang berbeda dari pada tahun sebelumnya.

"Pergelaran IIMS ini sebuah suguhan perhelatan dari kami, untuk menampilkan suatu yang berbeda. Dengan dicabutnya PPKM, tidak ada keterbatasan dan kita bisa berkreasi lebih lagi," tuturnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi booth pameran IIMS 2023 di JIExpo Kemayoran, Kamis (16/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Berdasarkan pantauan Bloomberg Technoz di lokasi acara, rombongan Presiden Jokowi juga telah hadir pada pukul 10.20 WIB.

Rencananya, Jokowi juga akan mengelilingi berbagai pameran otomotif tersebut. Salah satunya yakni Esemka, merek mobil lokal Buatan perusahaan yang berproduksi di Boyolali, Jawa Tengah.

Adapun, beberapa merek mobil yang hadir pada acara ini antara lain Daihatsu, BMW, Chery, DFSK, Honda, Hyundai, Mitsubishi, MG, Subaru, Suzuki, Toyota, Wuling, Audi, Citroen, KIA, Nissan, Volkswagen (VW), dan Esemka.

Untuk merek roda dua atau motor yaitu Astra Honda Motor, Benelli-Keeway, Energica, Husqvarna, Italjet, KTM, Niu, Royal Alloy, Royal Enfield, Yamaha dan lainnya.

IIMS kali akan dilaksanakan selama 10 hari, yakni dimulai hari ini hingga 26 Februari 2023.

(ibn/wdh)

No more pages