Logo Bloomberg Technoz

Rusia Resmi Cabut Larangan Ekspor Solar

News
06 October 2023 17:50

Ilustrasi pengiriman minyak mentah. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi pengiriman minyak mentah. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Rusia mengizinkan kembali ekspor solar lewat laut hanya beberapa pekan setelah memberlakukan larangan yang mengguncang pasar global. Rusia juga mengambil langkah-langkah lain untuk menjaga pasokan bahan bakar mereka di dalam negeri cukup.

Pengiriman dapat dilanjutkan asalkan bahan bakar tersebut disalurkan ke pelabuhan-pelabuhan negara melalui pipa, sesuai dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui akun Telegram resminya. Aliran semacam itu ke pelabuhan-pelabuhan barat Rusia menyumbang sebagian besar dari volume ekspor mereka.

Langkah ini akan membuat para importir lega setelah Rusia, yang merupakan salah satu eksportir terbesar di dunia untuk bahan bakar diesel, memberlakukan larangan total terhadap pengiriman pada tanggal 21 September. Keputusan ini dibuat menyusul lonjakan harga bahan bakar domestik yang memicu inflasi, yang merupakan sebuah masalah politik bagi Kremlin menjelang pemilihan presiden pada bulan Maret.

Larangan tersebut mengakibatkan kenaikan harga di Eropa dalam pasar yang sudah ketat. Pabrik-pabrik penyulingan di seluruh dunia mengalami kesulitan untuk memproduksi bahan bakar dalam jumlah yang cukup setelah Rusia dan Arab Saudi mengurangi pasokan minyak mentah yang kaya akan diesel, sehingga menyebabkan stok menipis.