Logo Bloomberg Technoz

Defisit Neraca Dagang AS Menyusut ke Level Terendah Sejak 2020

News
05 October 2023 21:30

Ilustrasi perdagangan antarnegara (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi perdagangan antarnegara (Sumber: Bloomberg)

Reade Pickert - Bloomberg News

Bloomberg, Defisit neraca dagang Amerika Serikat (AS) menyusut ke level terendah dalam hampir tiga tahun pada bulan Agustus. Hal ini mencerminkan penurunan permintaan Amerika terhadap barang-barang impor dan peningkatan pengiriman barang ke luar negeri.

Menurut data Departemen Perdagangan yang dirilis pada hari Kamis, defisit perdagangan barang dan jasa berkurang 9,9% dibandingkan dengan bulan sebelumnya menjadi US$58,3 miliar. Angka-angka ini tidak disesuaikan dengan inflasi. Nilai impor turun 0,7%, sementara ekspor meningkat 1,6%.

Defisit neraca dagang AS. (Sumber: Bloomberg)

Angka-angka tersebut mengindikasikan melemahnya permintaan domestik untuk barang konsumsi maupun barang modal. Biaya pinjaman yang naik dengan cepat berisiko semakin membatasi pembelian barang impor.

Laporan tersebut menunjukkan penurunan impor barang modal, termasuk semikonduktor, serta penurunan telepon seluler dan barang konsumsi lainnya. Ekspor didorong oleh peningkatan pengiriman barang modal dan barang konsumsi. Sementara itu, ekspor kendaraan bermotor mengalami penurunan.