Logo Bloomberg Technoz

Jasa Marga Jual Saham Tol Rp 4,5 triliun Lewat Private Placement

News
15 February 2023 10:45

Ilustrasi kantor Jasa Marga. (Dok. Jasa Marga)
Ilustrasi kantor Jasa Marga. (Dok. Jasa Marga)

Elffie Chew, Manuel Baigorri dan Fathiya Dahrul - Bloomberg News

Bloomberg - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) berencana melepas kepemilikan sebagian saham satu konsesi jalan tol mereka  dengan menawarkan kepemilikan senilai US$ 300 juta atau sekitar Rp 4,5 triliun kepada investor strategis.

Dalam laporan Bloomberg News, perseroan berencana menggelar private placement untuk ruas tol yang dimiliki anak usaha mereka, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) berdasarkan sumber yang mengetahui rencana tersebut. JSMR telah menunjuk PT BNI Sekuritas untuk mengawal proses private placement ini, kata Subakti Syukur, Direktur Utama Jasa Marga menanggapi pertanyaan dari Bloomberg News. 

Secara terpisah, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo membenarkan perusahaan negara yang bergerak pada bidang jalan tol ini akan mengadakan private placement. Seorang juru bicara Jasa Marga mengatakan pihaknya menargetkan kuartal III-2023 untuk penyelesaian kesepakatan. Baik Syukur maupun Wirjoatmodjo menolak mengomentari besaran penempatan tersebut. Perwakilan BNI Sekuritas juga belum menanggapi terkait kabar ini.

Jasamarga Transjawa Tol mengoperasikan jaringan jalan tol di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, menurut situs jejaring perusahaan. Pada September 2022, JSMR mengatakan berencana untuk mencatatkan Jasamarga Tol Transjawa di Jakarta pada 2023.