Logo Bloomberg Technoz

Bikin Khawatir, Harga Minyak Sentuh US$95/barel

News
28 September 2023 17:30

Pertambangan minyak onshore./dok. SKK Migas
Pertambangan minyak onshore./dok. SKK Migas

Alex Longley - Bloomberg News

Bloomberg - Harga patokan minyak Amerika Serikat sempat melonjak ke US$95 per barel karena menyusutnya persediaan di pusat penyimpanan utama memicu kekhawatiran tentang penurunan pasokan minyak mentah secara global. 

harga West Texas Intermediate (WTI) menyentuh level tertinggi sejak Agustus tahun lalu, sebelum memangkas kenaikan dan diperdagangkan sedikit berubah. Kenaikan terakhir minyak dipicu oleh penurunan persediaan di Cushing, Oklahoma, titik pengiriman untuk kontrak berjangka AS.

Dengan persediaan di sana yang mendekati level operasional minimum, pengukur harga utama melonjak di tengah kekhawatiran akan kelangkaan, sebuah langkah yang merembet ke seluruh dunia. Timeframe terdekat untuk WTI dan patokan global Brent berada dalam struktur bullish yang ekstrim karena para trader membayar premi yang tinggi untuk menjaga pasokan minyak mentah tetap lokal.

Harga minyak dunia

"Ini semua bermuara pada kekhawatiran akan ketatnya pasokan yang terus berlanjut dan bahkan memburuk memasuki bulan-bulan musim dingin di belahan bumi utara," kata Vandana Hari, pendiri konsultan Vanda Insights, di Bloomberg TV.